ORANG BIJAK HARUS OPTIMIS


Kamis, 03 Mei 2012

Manajemen Pemasaran


INTERAKSI ANTAR AKTOR PEMBENTUK KONTEKS PEMASARAN
KASUS: JASA PENDIDIKAN NON-FORMAL BIMBINGAN BELAJAR “TEKNOS”

1. AKTOR 1: MACRO ENVIRONMENT (LINGK.EKSTERNAL MAKRO)
  a. Kondisi eksternal makro yaitu adanya kemajuan teknologi seperti skype dan webcam yang  memungkinkan hal yang semula oleh banyak orang dianggap sesuatu mimpi kini menjadi suatu kenyataan. Dengan kedua alat ini, yaitu skype dan webcam orang dapat berbicara langsung dengan bertatap muka tanpa harus bertemu fisik walaupun dalam jarak jauh (istilahnya tanpa batas dalam era globalisasi)
 
  b. Dampaknya
      - Perusahaan Teknos
      Perusahaan teknos mengaplikasikan  dan memanfaatkan webcam ke dalam  aktivitas belajar mengajar. Para murid  dalam jarak yang jauh bias mendapatkan pengajaran dari guru Teknos tanpa harus datang ke lokasi bimbingan belajar  tetapi cukup dari rumah atau di manapun murid berada.

-         Dalam industri digunakan untuk chatting dan teleconference. Ini sangat efektif tanpa menyediakan tempat, snack, dan kapanpun bias dilakukan tanpa melalui undangan
-         Pasar
Murid-murid yang belajar di Bimbel Teknos di Jayapura, Banda Aceh, Makasar, dan kota-kota besar lainnya jika ingin mendapatkan pengajaran dari Guru Teknos di Jakarta , mereka tinggal berkomunikasi  dengan Teknos pusat  masalah pelajaran yang dikehendaki kemudian  mengaktifkan webcam  yang dipunyai, begitu  tersambung  maka pembelajaran bias dimulai seperti halnya pembelajaran regular pada umumnya. Metode pengajaran seperti ini  bakal dikembangkan bukan hanya lintas daerah dan Negara, bahkan lintas benua.

2. AKTOR 2: PERUSAHAAN BIMBEL TEKNOS  (COMPANY)
     a. Siapa Pemilik Bimbel teknos ?
Pemilik perusahaan Bimbel Teknos adalah  Gusti Bagia Mulyadi  berdiri sejak  1998 tetapi  sampai tahun 2010 mengalami kevakuman (12 tahun)  akibat  krisis moneter di Indonesia. Baru tahun 2010  Bimbel teknos melakukan upaya mencari inovasi baru guna mengejar ketertinggalan. Salahsatunya adalah menggunakan media skype dan webcam.
 
      b. Aset Bimbel Teknos mempunyai 230 cabang dengan murid per cabang 100-200 orang dan 30 %  telah mengaplikasikan webcam.

    c. Kemampuan racikan  pemasaran dalam melayani  pelanggan, teknos membuka cabang  dan mengaplikasikan  webcam berdasarkan permintaan, belum  dibuka secara regular. Para murid bebas memilih guru Teknos di Jakarta  dan guru teknos di Jakarta (pusat ) akan mengajarinya  melalui webcam sepanjang waktu tanpa datang ke tempat teknos di pusat. Atau bisa juga murid belajar dengan bimbel Teknos di daerah.
     d. Kapabilitas dinamis Bimbel Teknos terus akan menambah deferensiasi dari pada kompetitornya. Selain itu  terus mencari inovasi baru  dalam pembelajarannya untuk mengejar ketertinggalan akibat krisis moneter 12 tahun yang lalu.







     e. Apakah  Aset dan kapabilitas mengandung diferensiasi ? “Ya” karena dengan cabang-cabang yang ada maka Bimbel Teknos akan semakin terkenal. Cabangnya tidak hanya 130 saja  tetapi lebih dari itu. Cabang pun tidak atas permintaan tetapi lebih karena deferensiasi  dan nantinya pemakaian webcam bias mencapai 100 %.
         Dengan adanya cabang-cabang yang banyak maka siswa  yang ditangani maksimal 40 sehingga hasilnya bias maksimal.
      f. Bimbel Teknos dapat dijadikan sebagai kompetensi utama dalam meraih keunggulan  karena dalam era globalisasi dan teknologi ini orang dituntut serba cepat dalam segala hal. Dengan media webcam tentu siswa langsung dapat mendapatkan bimbingan dari pagi sampai malam (jam malam belajar). Sehingga siswa tidak terpancang oleh ruang dan waktu belajarnya.
     g. Tawar manfaat bimbel Teknos adalah:
          - Murid dapat memilih guru Teknos di Pusat (Jakarta)
          - Murid melalui webcam dapat bertatap muka secara langsung tanpa bertemu fisik
          - Murid dalam belajar tidak perlu susah-susah datang ke lokasi, mereka dapat 
             bertemu secara virtual
-    Para investor yang berminat join  dengan teknos cukup dengan uang 40-90 juta     
    lebih murah dari harga waralaba teknos 150 juta.
      h. Racikan bauran Teknos
 1. Promosi BTL,  Bimbel Teknos  mendukung TRY OUT UN di Istora Senayan  dan TRY OUT Online bersama PT Telkom
 2. Promosi ATL , Bimbel Teknos beriklan di media massa dan elektronik. Yang paling sering face book dan website. Iklan teknos di sebelah kanan layer facebook. Begitu mengeklik ikon teknos  si user langsung diarahkan ke  website teknos.
 3.  Yang dipakai brand Ambassador  TEKNOS   tidak seperti pemain lain yang menggunakan public figure  seorang artis. Pada Bimbel Teknos justru menggunakan  figure dari  pendiri teknos  dengan latar belakang bangunan  kampus terfavorit di negeri ini seperti Kampus UGM, UI dan ITB. Alasannya siswa setelah lulus SMU akan bercita-cita  bias masuk dan kuliah di Universitas favorit tersebut. Dan dengan public figure pendiri teknos, siswa tentunya dapat langsung berhadapan dengan orangnya dan dapat meresakan dan menilai kecerdasarnya. Sementara jika memakai public figure artis belum tentu si artis ini belajar di bimbel tersebut. Atau para siswa belum tentu dapat bertatap muka melalui webcam. Itu artinya artis itu sebagai model pembohongan atau memilih kucing dalam karung.
4.  Yang dilakukan Teknos dalam membangun Relationship Marketing
   - membangun relationship dengan orang-orang pemerintahan sehingga bimbel Teknos mendapat subsidi terutama dalam waralaba
   - Menggunakan facebook dan website sehingga dengan iklan  yang dipasang disebelah kanan tempat berbagai iklan produk muncul. Begitu user mengklik langsung diarahkan ke website Teknos sehingga akan diperoleh informasi teknos dan konten  yang menarik.
   -  memberikan keringan bagi invertos yang akan join dalam waralaba. Semula harganya 150 juta sekarang cukup 40-90 juta tergantung paket waralaba yang diambil.


3.      AKTOR 3: INDUSTRI
 Bimbel yang dapat menjadi pesaing  Bimbel TEKNOS adalah:
a.        PRIMAGAMA  karena sudah lama berdiri dan hampir semua kota kecamatan di   kabupaten/kota madia  sudah ada cabangnya. Kelas bimbelnya bermacam-macam. Ada kelas Pengayaan, Kelas Remidial, Kelas Olympiade. Disamping itu dikembangkan potensi siswa berdasarkan sidik jarinya. Dan ini satu-satunya di Indonesia.







b.      IPIEM  berdiri di kota pelajar Yogyakarta dan telah mempunyai banyak cabang di kota-kota besar
c.        NEUTRON    juga telah membuka banyak cabang dan merupakan bimbel yang berdiri sejak lama
d.NEW Concept  merupakan bimbel yang memadukan bahasa Inggris dengan  materi   pelajaran  dan siswanya sering diajak langsung berhadapan dengan turis asing.
e.       Ganeca Operation, yang telah berdiri lama di Bandung dan telah mempunyai banyak cabang di kota-kota besar.

4. AKTOR 4: MEMAHAMI PASAR
     a. Target pasar Bimbel Teknos adalah semua siswa  baik SD, SMP, dan SMU/  SMK.  Namun  yang lebih utama Siswa kelas IX untuk SMP yang akan menghadapi Ujian dan siswa kelas 12 yang akan ujian Nasional dan sekaligus masuk perguruan tinggi. Disamping itu juga para investor untuk menanamkan saham dan orang pemerintahan agar mendapat subsidi.

    b. Luas cakupan bimbel Teknos tidak hanya lintas daerah atau Negara, tetapi juga lintas benua
    c.  Perilaku target pasar ini belum sepenuhnya  tercapai karena bimbel teknos baru membuka 130 cabang berdasarkan permintaan dengan  30 % baru memakai webcam.
    d. Manfaat yang mereka cari dari bimbel
         1. dapat meningkatkan prestasi belajar
         2.  dapat membantu jika ada PR dari sekolah
         3.  dapat membantu dalam mempelajari  pelajaran di sekolah formal
         4.  belajarnya menjadi terpogram
         5.  dapat membantu memasuki jenjang ke sekolah yang lebih tinggi dan favorit dan  siswa SMU dapat masuk ke universitas ternama
     e. Apakah manfaat carian telah sesuai dengan tawaran manfaatnya?
         Secara umum telah sesuai karena berdasarkan  informasi bimbel bersangkutan biasanya dicantumkan daftar siswa mereka yang telah lulus dengan nilai terbaik dan masuk sekolah favorit dan universitas ternama; bimbel telah terbukti membntu siswa dalam belajar sehingga siswa dapat memilih paket yang ditawarkan


5. NILAI/ VALUE
    
-         Siswa  tidak gagap dalam teknologi
-         Siswa tidak datang ke lokasi
-         Siswa dapat bertatap muka  tanpa berhadapan fisik
-         Siswa dari daerah, pulau lain, Negara lain, dan benua lain dapat meminta diajari dari guru di Jakarta.
-         Perusahaan dan pemerintah dapat melakukan chatting dan teleconference  setiap saat tanpa terbatas ruang dan waktu



0 komentar:

Posting Komentar

Manajemen Pemasaran

Bookmark and Share

INTERAKSI ANTAR AKTOR PEMBENTUK KONTEKS PEMASARAN
KASUS: JASA PENDIDIKAN NON-FORMAL BIMBINGAN BELAJAR “TEKNOS”

1. AKTOR 1: MACRO ENVIRONMENT (LINGK.EKSTERNAL MAKRO)
  a. Kondisi eksternal makro yaitu adanya kemajuan teknologi seperti skype dan webcam yang  memungkinkan hal yang semula oleh banyak orang dianggap sesuatu mimpi kini menjadi suatu kenyataan. Dengan kedua alat ini, yaitu skype dan webcam orang dapat berbicara langsung dengan bertatap muka tanpa harus bertemu fisik walaupun dalam jarak jauh (istilahnya tanpa batas dalam era globalisasi)
 
  b. Dampaknya
      - Perusahaan Teknos
      Perusahaan teknos mengaplikasikan  dan memanfaatkan webcam ke dalam  aktivitas belajar mengajar. Para murid  dalam jarak yang jauh bias mendapatkan pengajaran dari guru Teknos tanpa harus datang ke lokasi bimbingan belajar  tetapi cukup dari rumah atau di manapun murid berada.

-         Dalam industri digunakan untuk chatting dan teleconference. Ini sangat efektif tanpa menyediakan tempat, snack, dan kapanpun bias dilakukan tanpa melalui undangan
-         Pasar
Murid-murid yang belajar di Bimbel Teknos di Jayapura, Banda Aceh, Makasar, dan kota-kota besar lainnya jika ingin mendapatkan pengajaran dari Guru Teknos di Jakarta , mereka tinggal berkomunikasi  dengan Teknos pusat  masalah pelajaran yang dikehendaki kemudian  mengaktifkan webcam  yang dipunyai, begitu  tersambung  maka pembelajaran bias dimulai seperti halnya pembelajaran regular pada umumnya. Metode pengajaran seperti ini  bakal dikembangkan bukan hanya lintas daerah dan Negara, bahkan lintas benua.

2. AKTOR 2: PERUSAHAAN BIMBEL TEKNOS  (COMPANY)
     a. Siapa Pemilik Bimbel teknos ?
Pemilik perusahaan Bimbel Teknos adalah  Gusti Bagia Mulyadi  berdiri sejak  1998 tetapi  sampai tahun 2010 mengalami kevakuman (12 tahun)  akibat  krisis moneter di Indonesia. Baru tahun 2010  Bimbel teknos melakukan upaya mencari inovasi baru guna mengejar ketertinggalan. Salahsatunya adalah menggunakan media skype dan webcam.
 
      b. Aset Bimbel Teknos mempunyai 230 cabang dengan murid per cabang 100-200 orang dan 30 %  telah mengaplikasikan webcam.

    c. Kemampuan racikan  pemasaran dalam melayani  pelanggan, teknos membuka cabang  dan mengaplikasikan  webcam berdasarkan permintaan, belum  dibuka secara regular. Para murid bebas memilih guru Teknos di Jakarta  dan guru teknos di Jakarta (pusat ) akan mengajarinya  melalui webcam sepanjang waktu tanpa datang ke tempat teknos di pusat. Atau bisa juga murid belajar dengan bimbel Teknos di daerah.
     d. Kapabilitas dinamis Bimbel Teknos terus akan menambah deferensiasi dari pada kompetitornya. Selain itu  terus mencari inovasi baru  dalam pembelajarannya untuk mengejar ketertinggalan akibat krisis moneter 12 tahun yang lalu.







     e. Apakah  Aset dan kapabilitas mengandung diferensiasi ? “Ya” karena dengan cabang-cabang yang ada maka Bimbel Teknos akan semakin terkenal. Cabangnya tidak hanya 130 saja  tetapi lebih dari itu. Cabang pun tidak atas permintaan tetapi lebih karena deferensiasi  dan nantinya pemakaian webcam bias mencapai 100 %.
         Dengan adanya cabang-cabang yang banyak maka siswa  yang ditangani maksimal 40 sehingga hasilnya bias maksimal.
      f. Bimbel Teknos dapat dijadikan sebagai kompetensi utama dalam meraih keunggulan  karena dalam era globalisasi dan teknologi ini orang dituntut serba cepat dalam segala hal. Dengan media webcam tentu siswa langsung dapat mendapatkan bimbingan dari pagi sampai malam (jam malam belajar). Sehingga siswa tidak terpancang oleh ruang dan waktu belajarnya.
     g. Tawar manfaat bimbel Teknos adalah:
          - Murid dapat memilih guru Teknos di Pusat (Jakarta)
          - Murid melalui webcam dapat bertatap muka secara langsung tanpa bertemu fisik
          - Murid dalam belajar tidak perlu susah-susah datang ke lokasi, mereka dapat 
             bertemu secara virtual
-    Para investor yang berminat join  dengan teknos cukup dengan uang 40-90 juta     
    lebih murah dari harga waralaba teknos 150 juta.
      h. Racikan bauran Teknos
 1. Promosi BTL,  Bimbel Teknos  mendukung TRY OUT UN di Istora Senayan  dan TRY OUT Online bersama PT Telkom
 2. Promosi ATL , Bimbel Teknos beriklan di media massa dan elektronik. Yang paling sering face book dan website. Iklan teknos di sebelah kanan layer facebook. Begitu mengeklik ikon teknos  si user langsung diarahkan ke  website teknos.
 3.  Yang dipakai brand Ambassador  TEKNOS   tidak seperti pemain lain yang menggunakan public figure  seorang artis. Pada Bimbel Teknos justru menggunakan  figure dari  pendiri teknos  dengan latar belakang bangunan  kampus terfavorit di negeri ini seperti Kampus UGM, UI dan ITB. Alasannya siswa setelah lulus SMU akan bercita-cita  bias masuk dan kuliah di Universitas favorit tersebut. Dan dengan public figure pendiri teknos, siswa tentunya dapat langsung berhadapan dengan orangnya dan dapat meresakan dan menilai kecerdasarnya. Sementara jika memakai public figure artis belum tentu si artis ini belajar di bimbel tersebut. Atau para siswa belum tentu dapat bertatap muka melalui webcam. Itu artinya artis itu sebagai model pembohongan atau memilih kucing dalam karung.
4.  Yang dilakukan Teknos dalam membangun Relationship Marketing
   - membangun relationship dengan orang-orang pemerintahan sehingga bimbel Teknos mendapat subsidi terutama dalam waralaba
   - Menggunakan facebook dan website sehingga dengan iklan  yang dipasang disebelah kanan tempat berbagai iklan produk muncul. Begitu user mengklik langsung diarahkan ke website Teknos sehingga akan diperoleh informasi teknos dan konten  yang menarik.
   -  memberikan keringan bagi invertos yang akan join dalam waralaba. Semula harganya 150 juta sekarang cukup 40-90 juta tergantung paket waralaba yang diambil.


3.      AKTOR 3: INDUSTRI
 Bimbel yang dapat menjadi pesaing  Bimbel TEKNOS adalah:
a.        PRIMAGAMA  karena sudah lama berdiri dan hampir semua kota kecamatan di   kabupaten/kota madia  sudah ada cabangnya. Kelas bimbelnya bermacam-macam. Ada kelas Pengayaan, Kelas Remidial, Kelas Olympiade. Disamping itu dikembangkan potensi siswa berdasarkan sidik jarinya. Dan ini satu-satunya di Indonesia.







b.      IPIEM  berdiri di kota pelajar Yogyakarta dan telah mempunyai banyak cabang di kota-kota besar
c.        NEUTRON    juga telah membuka banyak cabang dan merupakan bimbel yang berdiri sejak lama
d.NEW Concept  merupakan bimbel yang memadukan bahasa Inggris dengan  materi   pelajaran  dan siswanya sering diajak langsung berhadapan dengan turis asing.
e.       Ganeca Operation, yang telah berdiri lama di Bandung dan telah mempunyai banyak cabang di kota-kota besar.

4. AKTOR 4: MEMAHAMI PASAR
     a. Target pasar Bimbel Teknos adalah semua siswa  baik SD, SMP, dan SMU/  SMK.  Namun  yang lebih utama Siswa kelas IX untuk SMP yang akan menghadapi Ujian dan siswa kelas 12 yang akan ujian Nasional dan sekaligus masuk perguruan tinggi. Disamping itu juga para investor untuk menanamkan saham dan orang pemerintahan agar mendapat subsidi.

    b. Luas cakupan bimbel Teknos tidak hanya lintas daerah atau Negara, tetapi juga lintas benua
    c.  Perilaku target pasar ini belum sepenuhnya  tercapai karena bimbel teknos baru membuka 130 cabang berdasarkan permintaan dengan  30 % baru memakai webcam.
    d. Manfaat yang mereka cari dari bimbel
         1. dapat meningkatkan prestasi belajar
         2.  dapat membantu jika ada PR dari sekolah
         3.  dapat membantu dalam mempelajari  pelajaran di sekolah formal
         4.  belajarnya menjadi terpogram
         5.  dapat membantu memasuki jenjang ke sekolah yang lebih tinggi dan favorit dan  siswa SMU dapat masuk ke universitas ternama
     e. Apakah manfaat carian telah sesuai dengan tawaran manfaatnya?
         Secara umum telah sesuai karena berdasarkan  informasi bimbel bersangkutan biasanya dicantumkan daftar siswa mereka yang telah lulus dengan nilai terbaik dan masuk sekolah favorit dan universitas ternama; bimbel telah terbukti membntu siswa dalam belajar sehingga siswa dapat memilih paket yang ditawarkan


5. NILAI/ VALUE
    
-         Siswa  tidak gagap dalam teknologi
-         Siswa tidak datang ke lokasi
-         Siswa dapat bertatap muka  tanpa berhadapan fisik
-         Siswa dari daerah, pulau lain, Negara lain, dan benua lain dapat meminta diajari dari guru di Jakarta.
-         Perusahaan dan pemerintah dapat melakukan chatting dan teleconference  setiap saat tanpa terbatas ruang dan waktu



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar


Followers

 

Blog Haryanto | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform