INTERAKSI ANTAR AKTOR
PEMBENTUK KONTEKS PEMASARAN
KASUS: JASA
PENDIDIKAN NON-FORMAL BIMBINGAN BELAJAR “TEKNOS”
1. AKTOR 1: MACRO ENVIRONMENT (LINGK.EKSTERNAL MAKRO)
a. Kondisi eksternal makro yaitu adanya kemajuan
teknologi seperti skype dan webcam yang memungkinkan hal yang semula oleh banyak orang
dianggap sesuatu mimpi kini menjadi suatu kenyataan. Dengan kedua alat ini,
yaitu skype dan webcam orang dapat berbicara langsung dengan bertatap muka
tanpa harus bertemu fisik walaupun dalam jarak jauh (istilahnya tanpa batas
dalam era globalisasi)
b. Dampaknya
- Perusahaan Teknos
Perusahaan teknos mengaplikasikan dan memanfaatkan webcam ke dalam aktivitas belajar mengajar. Para
murid dalam jarak yang jauh bias
mendapatkan pengajaran dari guru Teknos tanpa harus datang ke lokasi bimbingan
belajar tetapi cukup dari rumah atau di
manapun murid berada.
-
Dalam industri digunakan untuk chatting dan
teleconference. Ini sangat efektif tanpa menyediakan tempat, snack, dan
kapanpun bias dilakukan tanpa melalui undangan
-
Pasar
Murid-murid yang belajar di
Bimbel Teknos di Jayapura, Banda Aceh, Makasar, dan kota-kota besar lainnya
jika ingin mendapatkan pengajaran dari Guru Teknos di Jakarta , mereka tinggal
berkomunikasi dengan Teknos pusat masalah pelajaran yang dikehendaki kemudian mengaktifkan webcam yang dipunyai, begitu tersambung
maka pembelajaran bias dimulai seperti halnya pembelajaran regular pada
umumnya. Metode pengajaran seperti ini
bakal dikembangkan bukan hanya lintas daerah dan Negara, bahkan lintas
benua.
2. AKTOR 2: PERUSAHAAN BIMBEL TEKNOS (COMPANY)
a. Siapa Pemilik
Bimbel teknos ?
Pemilik perusahaan Bimbel Teknos
adalah Gusti Bagia Mulyadi berdiri sejak
1998 tetapi sampai tahun 2010
mengalami kevakuman (12 tahun)
akibat krisis moneter di
Indonesia. Baru tahun 2010 Bimbel teknos
melakukan upaya mencari inovasi baru guna mengejar ketertinggalan. Salahsatunya
adalah menggunakan media skype dan webcam.
b. Aset Bimbel Teknos mempunyai 230
cabang dengan murid per cabang 100-200 orang dan 30 % telah mengaplikasikan webcam.
c. Kemampuan racikan pemasaran dalam melayani pelanggan, teknos membuka cabang dan mengaplikasikan webcam berdasarkan permintaan, belum dibuka secara regular. Para murid bebas
memilih guru Teknos di Jakarta dan guru
teknos di Jakarta
(pusat ) akan mengajarinya melalui
webcam sepanjang waktu tanpa datang ke tempat teknos di pusat. Atau bisa juga
murid belajar dengan bimbel Teknos di daerah.
d. Kapabilitas dinamis Bimbel Teknos terus
akan menambah deferensiasi dari pada kompetitornya. Selain itu terus mencari inovasi baru dalam pembelajarannya untuk mengejar
ketertinggalan akibat krisis moneter 12 tahun yang lalu.
e. Apakah
Aset dan kapabilitas mengandung diferensiasi ? “Ya” karena dengan
cabang-cabang yang ada maka Bimbel Teknos akan semakin terkenal. Cabangnya
tidak hanya 130 saja tetapi lebih dari
itu. Cabang pun tidak atas permintaan tetapi lebih karena deferensiasi dan nantinya pemakaian webcam bias mencapai
100 %.
Dengan adanya cabang-cabang yang
banyak maka siswa yang ditangani
maksimal 40 sehingga hasilnya bias maksimal.
f. Bimbel Teknos dapat dijadikan sebagai
kompetensi utama dalam meraih keunggulan
karena dalam era globalisasi dan teknologi ini orang dituntut serba
cepat dalam segala hal. Dengan media webcam tentu siswa langsung dapat
mendapatkan bimbingan dari pagi sampai malam (jam malam belajar). Sehingga
siswa tidak terpancang oleh ruang dan waktu belajarnya.
g. Tawar manfaat bimbel Teknos adalah:
- Murid dapat memilih guru Teknos di
Pusat (Jakarta )
- Murid melalui webcam dapat bertatap
muka secara langsung tanpa bertemu fisik
- Murid dalam belajar tidak perlu
susah-susah datang ke lokasi, mereka dapat
bertemu secara virtual
- Para investor
yang berminat join dengan teknos cukup
dengan uang 40-90 juta
lebih murah dari harga waralaba teknos 150
juta.
h. Racikan
bauran Teknos
1. Promosi BTL, Bimbel Teknos
mendukung TRY OUT UN di Istora Senayan
dan TRY OUT Online bersama PT Telkom
2. Promosi ATL , Bimbel Teknos beriklan di
media massa dan
elektronik. Yang paling sering face book dan website. Iklan teknos di sebelah
kanan layer facebook. Begitu mengeklik ikon teknos si user langsung diarahkan ke website teknos.
3. Yang
dipakai brand Ambassador TEKNOS tidak seperti pemain lain yang menggunakan
public figure seorang artis. Pada Bimbel
Teknos justru menggunakan figure
dari pendiri teknos dengan latar belakang bangunan kampus terfavorit di negeri ini seperti
Kampus UGM, UI dan ITB. Alasannya siswa setelah lulus SMU akan bercita-cita bias masuk dan kuliah di Universitas favorit
tersebut. Dan dengan public figure pendiri teknos, siswa tentunya dapat
langsung berhadapan dengan orangnya dan dapat meresakan dan menilai
kecerdasarnya. Sementara jika memakai public figure artis belum tentu si artis
ini belajar di bimbel tersebut. Atau para siswa belum tentu dapat bertatap muka
melalui webcam. Itu artinya artis itu sebagai model pembohongan atau memilih
kucing dalam karung.
4. Yang dilakukan Teknos dalam membangun
Relationship Marketing
- membangun relationship dengan orang-orang
pemerintahan sehingga bimbel Teknos mendapat subsidi terutama dalam waralaba
- Menggunakan facebook dan website sehingga
dengan iklan yang dipasang disebelah
kanan tempat berbagai iklan produk muncul. Begitu user mengklik langsung
diarahkan ke website Teknos sehingga akan diperoleh informasi teknos dan
konten yang menarik.
-
memberikan keringan bagi invertos yang akan join dalam waralaba. Semula
harganya 150 juta sekarang cukup 40-90 juta tergantung paket waralaba yang
diambil.
3. AKTOR
3: INDUSTRI
Bimbel yang dapat menjadi pesaing Bimbel TEKNOS adalah:
a. PRIMAGAMA
karena sudah lama berdiri dan hampir semua kota kecamatan di kabupaten/kota madia sudah ada cabangnya. Kelas bimbelnya
bermacam-macam. Ada
kelas Pengayaan, Kelas Remidial, Kelas Olympiade. Disamping itu dikembangkan
potensi siswa berdasarkan sidik jarinya. Dan ini satu-satunya di Indonesia .
b. IPIEM berdiri di kota
pelajar Yogyakarta dan telah mempunyai banyak
cabang di kota-kota besar
c. NEUTRON juga
telah membuka banyak cabang dan merupakan bimbel yang berdiri sejak lama
d.NEW
Concept merupakan bimbel yang memadukan
bahasa Inggris dengan materi pelajaran
dan siswanya sering diajak langsung berhadapan dengan turis asing.
e. Ganeca
Operation, yang telah berdiri lama di Bandung dan telah mempunyai banyak cabang
di kota-kota besar.
4. AKTOR 4: MEMAHAMI PASAR
a. Target pasar Bimbel Teknos adalah semua
siswa baik SD, SMP, dan SMU/ SMK.
Namun yang lebih utama Siswa
kelas IX untuk SMP yang akan menghadapi Ujian dan siswa kelas 12 yang akan
ujian Nasional dan sekaligus masuk perguruan tinggi. Disamping itu juga para
investor untuk menanamkan saham dan orang pemerintahan agar mendapat subsidi.
b. Luas cakupan bimbel Teknos tidak hanya lintas
daerah atau Negara, tetapi juga lintas benua
c.
Perilaku target pasar ini belum sepenuhnya tercapai karena bimbel teknos baru membuka
130 cabang berdasarkan permintaan dengan
30 % baru memakai webcam.
d. Manfaat yang mereka cari dari bimbel
1. dapat meningkatkan prestasi belajar
2.
dapat membantu jika ada PR dari sekolah
3.
dapat membantu dalam mempelajari
pelajaran di sekolah formal
4.
belajarnya menjadi terpogram
5.
dapat membantu memasuki jenjang ke sekolah yang lebih tinggi dan favorit
dan siswa SMU dapat masuk ke universitas
ternama
e.
Apakah manfaat carian telah sesuai dengan tawaran manfaatnya?
Secara umum telah sesuai karena
berdasarkan informasi bimbel
bersangkutan biasanya dicantumkan daftar siswa mereka yang telah lulus dengan
nilai terbaik dan masuk sekolah favorit dan universitas ternama; bimbel telah
terbukti membntu siswa dalam belajar sehingga siswa dapat memilih paket yang
ditawarkan
5. NILAI/
VALUE
-
Siswa tidak
gagap dalam teknologi
-
Siswa tidak datang ke lokasi
-
Siswa dapat bertatap muka tanpa berhadapan fisik
-
Siswa dari daerah, pulau lain, Negara lain, dan benua
lain dapat meminta diajari dari guru di Jakarta .
-
Perusahaan dan pemerintah dapat melakukan chatting dan
teleconference setiap saat tanpa
terbatas ruang dan waktu
0 komentar:
Posting Komentar